Minggu, 08 Maret 2009

12 maret penutupan PPL UNP Kediri

kediri- Pendaftaran PPL (Program Pengalaman Lapangan-red) telah memasuki hari-hari akhir. Hal ini dapat kita lihat di pengumuman-pengumuman yang tertempel pada tiap program studi yang berada dalam naungan FKIP. tidak hanya itu, untuk mengingatkan lagi para mahasiswanya pengumuman inipun juga disampaikan oleh ketua UPT PPL Dra. Endang Sri Mujiwati dalam sela-sela menandatangani formulir mahasiswa yang ber- datangan secara teratur di dalam kantornya, "beritahu teman-teman tingkat tiga, tanggal 12 maret adalah hari terakhir pendaftaran. Jika sampai terlambat, harus mengulang PPL tahun depan." sambil menyodorkan formulir kepada mahasiswa bersangkutan. Tahun ini memang peningkatan mutu PPL dirasakan lebih baik. Mulai dari cara pembayaran yang semula melalui Kajur sekarang langsung pada ketua PPL, sehingga diharapkan tidak akan ada lagi pengunduran jadwal seperti tahun kemarin.

PPL adalah sebuah program kependidikan yang wajib diikuti seluruh mahasiswa tingkat tiga Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. PPL sendiri memiliki banyak fungsi dan tujuan. Salah satunya adalah mempersiapkan dan melatih mahasiswa agar memiliki pengalaman faktual tentang proses pembelajaran dan pendidikan ke dalam situasi sebenarnya. Namun masalah yang terjadi tahun lalu, PPL yang semula dijadwalkan pada bulan juli akhirnya harus diundur sampai bulan Agustus. Menjadi penyebabnya adalah tidak ada ketegasan diantara beberapa kajur. untuk itu ketua UPT PPL sekaligus dosen Bahasa dan Sastra Indonesia inipun langsung menangani masalah yang timbul pada tahun kemarin. "kesalahan tahun lalu jangan sampai terulang lagi dan kita jadikan sebagai pelajaran." tukas Ketua PPL yang biasa dipanggil bu Endang ini.

Dengan strategi ini, memang diharapkan meminimalkan dan meningkatkan kualitas PPL UNP Kediri agar semakin berkembang, sehingga kepercayaan sekolah-sekolah yang di- tempati mahasiswa UNP Kediri menjadi kembali lagi. Terlebih lagi dengan mutu dan kualitas mahasiswa. " Ini semua sesuai dengan jadwal dan kalender pendidikan di UNP Kediri." terang Ketua UPT PPL yang sekarang sedang melanjutkan pendidikan . Jadi, tidak ada salahnya jika sedikit merepotkan mahasiswa selepas liburan selama dua minggu untuk secepatnya menyelesaikan kewajiban.(ra/ha)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar