Minggu, 01 Maret 2009

Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis

Belajar pada sebuah lembaga perguruan tinggi adalah sesuatu hal yang mungkin dirasakan mahasiswa terlalu berat. Karena memang kita ditantang menghadapi gagasan-gagasan dan filosofi baru. Tidak hanya itu, kita pun juga dituntut membuat keputusan-keputusan pribadi dan karir yang akan mempengaruhi hidup. Bila kita mampu mengembangkan manajemen waktu dan kemampuan belajar yang baik di awal masa perkuliahan, mungkin nanti pada tahun-tahun perkuliahan berikutnya akan dijalani dengan sukses. Namun jika kita mengawali dengan rasa malas?(seperti saya..he..) yang terjadi adalah sebuah bencana dan merasa kurang mampu.
Banyak dari kalangan mahasiswa yang mengalami “kemalasan” seperti saya, yang suka tidur dikelas, tidak pernah belajar, dan lain sebagainya. Tetapi dalam tulisan saya ini, saya akan mencoba membagi beberapa tips untuk menolong anda memaksimalkan waktu belajar serta mengembangkan kemampuan belajar dan berpikir kritis yang akan menguntungkan, tidak hanya semasa di perguruan tinggi, juga ketika (mungkin) menempuh karir yang dipilih. Belajar menguasai materi suatu kuliah tentu saja penting, namun mempelajari cara belajar dan berpikir yang kritis, dalam beberapa hal, jauh lebih penting. Seperti usaha-usaha lainnya dalam kehidupan, upaya untuk berpikir kritis dan belajar efesien pada awalnya membutuhkan usaha dan waktu tambahan, tetapi ketika telah dikuasai, kemampuan-kemampuan tersebut akan menghemat banyak waktu anda di masa depan.Satu hal yang perlu anda ketahui, untuk sukses dalam belajar di perguruan tinggi adalah menghindari pekerjaan. Memang menunda-nunda suatu pekerjaan memberikan kepuasan sementara karena anda bisa menghindari sesuatu yang tidak anda senangi (saya pun juga mengalami..he..), tetapi dalam jangka panjang justru akan menyebabkan anda menumpuk stress. Menunggu mengerjakan sesuatu hingga ke menit terakhir akan menghasilkan kesalahan dan ketidaksempurnaan. Dengan menentukan tujuan-tujuan yang jelas dan spesifik serta bekerja mencapainya dalam keteraturan, anda akan mampu mengurangi keinginan untuk menunda-nunda tersebut. Lebih baik bekerja efesien dalam waktu sebentar daripada dalam waktu yang lama dan tidak produktif, yang umumnya terjadi ketika anda suka menunda-nunda. Selain itu berikut beberapa tips yang saya pakai dan mungkin bisa juga anda coba ketika akan memulai sebuah perubahan luar biasa.
  1. Bacalah materi (bila ada buku teks acuan) sebelum perkuliahan. Dengan cara ini anda akan akrab dengan berbagai istilah dan mampu mendengarkan secara kritis. Ulangi secara singkat materi perkuliahan sebelumnya. Hal ini akan menyegarkan ingatan anda dan menyediakan konteks bagi materi baru.
  2. Kembangkan gaya mencatat anda sendiri. Jangan menulis setiap kata. Kembangkan pula berbagai kata singkatan untuk mempercepat pencatatan.
  3. Pelajari istilah-istilah penting dalam matakuliah tersebut, sehingga anda dapat menyingkat catatan. Anda jadi tidak perlu menulis istilah-istilah yang telah anda ketahui.
  4. Pelajari cara dan karakteristik mengajar dosen yang bersangkutan. Kadang beberapa dosen senantiasa mengulang hal-hal yang penting dan yang akan keluar saat ujian (ini yang penting..he..).
  5. Hadir di kelas secara teratur, pilihlah tempat duduk yang nyaman untuk menyimak perkuliahan dan melihat layar / papan tulis.
  6. Bila tersedia atau boleh dipinjam untuk difotocopy , milikilah diktat (hand-out) yang ditulis oleh dosen yang bersangkutan. Tetap pergunakan materi-materi tersebut sebagai tambahan bagi catatan yang anda buat sendiri.
  7. Ajukan pertanyaan. Bila anda tidak memahami sesuatu, jangan sungkan-sungkan untuk bertanya. Kebanyakan mahasiswa segan untuk bertanya, terutama dalam kelas yang besar. Tetapi bila anda tidak memahami sesuatu hal, mahasiswa lainnya juga kemungkinan mengalami hal yang sama. Bila anda tidak sempat bertanya selama perkuliahan, lakukanlah setelah perkuliahan (jangan takut sama dosen).
  8. Akses informasi terbaru dari perkuliahan anda dari internet untuk menambah pemahaman anda terhadap konsep dan mengetahui perkembangan konsep tersebut. Mengetahui bagaimana cara mencari informasi di internet sangatlah penting di masa sekarang, terlebih lagi di masa mendatang.

Salah satu hal penting yang akan anda pelajari di perguruan tinggi adalah berpikir kritis dan tidak menerima apa yang anda lihat dan dengar secara seketika. Berpikir kritis sangat penting dalam mempelajari materi baru dan mengaitkannya dengan apa yang telah anda ketahui. Meskipun anda tidak mengetahui semuanya, anda dapat belajar untuk bertanya secara efektif dan mencapai kesimpulan yang konsisten dengan fakta. Selain itu, Meningkatkan Daya Ingat mampu mengingat sesuatu dan tidak mampu diingat. Sebabnya otak menyimpan informasi dalam berbagai bentuk dan cara, membuat mudah mengingat sesuatu dan sukar mengingat lainnya. Saya berharap tips-tips tersebut bermanfaat bagi anda. Meskipun sulit untuk merubah kebiasaan lama, saya yakin anda mampu. Lebih jauh, saran-saran tersebut membantu anda bekerja lebih efesien, tidak hanya ketika di perguruan tinggi, juga ketika menjalani karir pilihan anda. Belajar adalah proses seumur hidup yang tidak berakhir hanya ketika anda lulus. Selamat belajar dan menempuh semester baru!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar